Sabtu, 11 Februari 2012

Dari Kuper hingga Blogger


Foto di depan Komputer
A
wal mulanya aku ini adalah seorang yang pemalu, kuper ( kurang pergaulan) dan gak pede dengan kemampuan yang kumiliki. Keseharianku lebih banyak dirumah dan tidak pernah kemana-mana.Kalaupun pergi hanya ke rumah teman yang dekat rumah saja. Dan perkembangan dari SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi aku belum memiliki kepercayaan diri. Dari SMP aku coba ikuti kegiatan kepramukaan dan SMA aku mengikuti kegiatan Karya Ilmiah Remaja, namun belum menghasilkan karya satupun. Prestasipun pas-pasan walaupun nilai cukup lumayan, namun secara prestasi di kelas aku termasuk paling terakhir. Hal inilah yang membuatku minder. Semua teman-temanku pandai-pandai dan banyak dikerumuni cewek-cewek. Aku ya jadi penonton saja.

Seiring berkembangnya waktu, akupun diterima bekerja sebagai PNS di sebuah sekolah kejuruan sebagai staf tata usaha. Dari sini awal perkembangan kejiwaanku dimulai, yaitu dengan melaksanakan tugas sebagai kasir yang berhadapan secara langsung kepada murid-murid melalui loket pembayaran. Dan tugas mengabsen keliling ke kelas-kelas. Wah betapa malunya pada saat awal pertama kali mengerjakan pekerjaan itu.Namun lama-lama terbiasa juga, berbekal dengan ilmu komputer yang kumiliki aku berusaha belajar dan belajar mendalami komputer, sehingga pekerjaanku dapat bermanfaat dan terlihat hasilnya.Dan saling berbagi ilmu dengan teman-teman membuatku semakin punya rasa percaya diri.

Mulai disosialisasikan penggunaan internet di sekolah pada tahun 1999, mendorong aku belajar untuk bisa internet, akupun belajar secara otodidak  dengan pergi ke warnet yang waktu itu sewa warnet masih mahal sekali dari Rp.6000 sampai Rp.30000. Walaupun pertama yang dicari adalah situs-situs yang tidak bermanfaat, karena penasaran ingin mengetahui nya maka hampir setiap minggu aku membuka situs-situs terlarang. Namun lama-lama aku menyadari  kalau begini terus aku tidak akan dapat ilmu dan akhirnya akupun mulai belajar bagaimana cara membuat website pada tahun 2000. Pada tahun 2001 aku mulai mengenal yang namanya MIRC  sebuah fasilitas chating, percakapan melalui tulisan dan tahun 2002 aku baru menggunakan Yahoo Messenger. Hampir setiap malam aku chating, hingga mungkin bisa sempat jadi raja chating, kenalan teman-teman dari berbagai pelosok negeri mencapai 200 an lebih, dari sinilah awalnya hati ini mulai terbuka sedikit demi sedikit, dan keberanianpun mulai timbul, sehingga rasa kepercayaan diripun mulai tumbuh. Secara manfaat yang aku peroleh dari chating aku dapat mendapat teman, memperlancar  tangan di dalam mengetik. Yang negative uang banyak habis, untuk hal-hal yang tidak perlu, dari sewa warnet hingga menelpon kenalan.

Petualangan browsing dan chatingku pun berakhir  setelah aku menikah pada tahun 2007. Setelah menikah, pemanfaatan dunia teknologi dan informasi lebih banyak kugunakan untuk mencari berbagai macam buku dan artikel-artikel yang bermanfaat bagi kehidupan rumah tanggaku.
Dan pada tahun 2009,  awal aku membuat facebook dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi dengan teman-teman lama dan untuk sarana ajang diskusi sesuai bidang ilmu yang ingin kita cari. Dan tujuan utama penggunaan Facebook untuk melatih kemampuan  dalam bidang tulis menulis. Alhamdulillah walaupun belum begitu bagus, aku sudah memiliki blog sebagai tempat menampung tulisan-tulisanku.Dan aku sangat bersyukur  my wife sangat mendukung kegiatan tulis menulis ini, dengan tersedianya sarana laptop , hp dan internet sehingga aku tidak harus keluar ke warnet untuk cari bahan tulisan, cukup pakai HP dan Laptop dengan sinyal WIFI maupun dengan modem prabayar. Dunia serasa ceria tidak merasa ketinggalan jaman.Namun cita-citaku yang belum terwujud adalah keinginanku untuk memiliki sebuah buku hasil karya sendiri. Untuk itu belajar…belajar dan belajar.                               Jimbaran, 27  Desember 2009

Tidak ada komentar: