Kamis, 10 April 2014

Mengasah Bakat Menulis

Kalau disuruh menulis pakai tulisan tangan waktu dulu dan sekarang, aku merasa malasnya minta ampun, karena aku memang tidak bisa menulis dengan indah, tulisan masih seperti ceker ayam. Tapi berawal dari menulis tanganlah aku mulai melatih kemampuanku untuk menulis dengan secara tidak sengaja.
Pada waktu SMA dulu, aku mempunyai hobby korespondensi, walau temanku tidak banyak, tapi lumayanlah untuk melatih menulis, padahal kalau sekolah aku malas membuat catatan secara langsung apalagi didikte, keseringan bawaannya ngantuk dan tulisannya berubah jadi ceker ayam tidak bisa dimengerti, padahal ditulis sendiri lho?
Dalam kegiatan korespondensi, lumayan juga jumlah tulisanku ada sebanyak kurang lebih 4-5 halaman. Begitu surat dikirim, 4 hari kemudian aku menerima balasannya dan karena yang dikirimi surat juga suka menulis yang banyak, maka terjadilah kiriman surat saling berbalas.Lumayan juga ongkos perangkonya buat anak sekolahan. Dan aku bisa menulis dengan tulisan yang lebih rapi pada saat hati ini sedang jatuh cinta, semua tulisan bernada rayuan pulau kelapa tercurahkan dan itu mengalir saja dengan sendirinya, walau ada yang salah dibuat, lalu dibuat tulisan eh salah tulis, jadi tidak ada coretan dan dirobek kertas suratnya, aku tidak pernah menulis surat dengan menggunakan konsep surat.
Kemudian pada tahun 1998 sejak aku diangkat menjadi CPNS di SMKN 1 Kuta Selatan, pada awal mula bekerja, aku selalu membawa agenda, itu aku isi catatan aktifitas kerjaku setiap hari dan ini berlangsung kurang lebih 6 bulan, karena aku mulai mempelajari pendalaman penggunaan computer aplikasi MS.Word, aku mulai jarang dan tidak menulis di buku agendaku dan ini berlangsung lama. Dan jadi tukang ketik di kantorpun, kecepatan ketikanku kalah dengan teman-temanku, aku mengetik sangat lambat dan benar-benar berhati-hati untuk memperkecil tingkat kesalahan atau koreksi.
Pada tahun 1999 sejak internet masuk sekolah mendorongku untuk belajar mengenal internet, hingga pada tahun 2000 lagi ngetop-ngetopnya chating lewat MIRC, mendorongku untuk mencoba chating dan menjadi ketagihan hingga menjadi raja chating bagi diriku sendiri, namun secara tidak sengaja melatih kecepatan mengetikku, karena harus membalas secara cepat kenalanku yang mengajakku bicara via MIRC.
Di samping itu aku juga menulis buku harian pribadiku yang mengisahkan kisah-kisah yang kualami, sehingga disinilah mulai sedikit demi sedikit mengasah kemampuanku dalam menulis. Dan pada waktu SMKN 1 Kuta Selatan membuat Majalah ORBIT, aku mulai ikut aktif berkecimpung di dunia redaksi , mulai dari sinilah aku sedikit demi sedikit lebih aktif mempelajari berbagai buku yang kuperoleh dari mendownload di internet dan mengamati orang-orang di sekitar kita untuk memperoleh bahan-bahan untuk menulis. Namun karena menulis tidak dilakukan tiap hari, maka aku merasa kesulitan untuk meng-explore kemampuan menulisku dan sempat vakum dalam beberapa waktu.
Dan setelah aku menikah, aku mendapatkan istri yang memiliki hobby dan kemampuan menulis, hingga karena supportnya aku sampai saat ini berusaha untuk menulis, karena aku ingin memiliki sebuah buku yang bisa diterbitkan oleh penerbit buku.
Untuk menguji kemampuanku di dalam menulis, aku telah mengupload beberapa tulisanku ke dalam blog pribadiku baik yang di http://fibriaryanto.blogspot.com , http://www.kompasiana.com/fibriaryanto ini tujuannya untuk melatihku menulis dan siap menerima kritikan dari para pembaca, sehingga aku dapat mengetahui kekuranganku di dalam menulis.Dengan adanya kritikan akan memberi semangatku untuk menulis dan menulis.
Jimbaran, 20 November 2013

Tidak ada komentar: